Sistem e-procurement telah memudahkan proses transaksi perusahaan menjadi lebih baik, karena adanya kontrol serta visibilitas terhadap pengeluaran perusahaan. Selain kedua hal tersebut, hubungan dengan supplier menjadi lebih efisien. Sistem inipun dapat memberikan panduan tersendiri untuk setiap proses pembelian Anda. Kontrak dapat dinegosiasikan dengan supplier termasuk hal-hal seperti harga, pengiriman, syarat-syarat pembayaran, garansi, dan lainnya.

Mendapatkan harga yang paling menguntungkan dari supplier adalah salah satu nilai lebih dari e-procurement. Namun, memiliki visibilitas dalam memonitor barang / jasa yang dibelanjakan, pertanggung jawaban, serta waktu dalam melaksanakan pembelanjaan juga tidak kalah pentingnya.

Melalui sistem e-procurement, seluruh informasi terpusat termasuk dari awal proses perencanaan transaksi perusahaan. Hal ini memberikan supervisor finansial Anda memiliki kendali yang lebih terhadap alur pengeluaran perusahaan Anda.

Beberapa keuntungan e-procurement yang dapat Anda rasakan:

         Analisa untuk tren pembelian saat ini dan masa depan

         Menghilangkan “Pembelian gelap”

         Meningkatkan daya beli dengan supplier kunci

         Mengurangi biaya & waktu transaksi

         Pemusatan pelacakan pengeluaran dan performa supplier

         Proses pengadaan yang lebih efisien

Pengunaan e-procurement tidak hanya berfungsi untuk pengeluaran kecil hingga menengah (ATK, elektronik, groseri). Namun pembelian-pembelian besar seperti otomotif, alat berat dan industrial, serta kebutuhan kapital lain juga dapat diuntungkan dengan menggunakan sistem e-procurement. Dengan adanya sistem kontrol di pengeluaran besar seperti pembelian barang MRO, tentunya akan lebih banyak membantu tim finansial untuk mengatur keuangan perusahaan Anda.

Jadi, sistem e-procurement tidak hanya membantu skala kecil hingga menengah, namun juga pembelian skala besar. Sistem e-procurement juga berdampak pada kontrol anggaran dari angka terkecil hingga terbesar untuk membantu perencanaan pengadaan di masa mendatang yang lebih strategis dan tepat sasaran.

Jadi pastikan untuk mensosialisasi tim finansial Anda untuk mulai menggunakan sistem e-procurement demi kemudahan masing-masing divisi. Jika perusahaan Anda ingin menggunakan sistem e-procurement & mendapat tutorial untuk pengunaannya, Anda cukup mendaftarkan diri melalui satu langkah  di sini.

Sumber: https://www.monitordaily.com/opinion-posts/e-procurement-can-bring-control-equipment-financing/

 

Ditulis oleh Mbiz Team

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s