Setelah memahami tentang pengadaan barang dan jasa, ada baiknya kita membahas tentang pengadaan dengan sistem elektronik yang disebut dengan e-Procurement.

Jika diartikan secara detil, e-Procurement adalah sistem pengadaan barang dan jasa yang menggunakan media elektronik, seperti internet ataupun jaringan komputer. E-procurement dapat diterapkan pada proses pembelian dan penjualan online agar lebih efektif dan efisien. Singkatnya, e-Procuremet dapat memangkas proses-proses yang menyita waktu dan tenaga kerja jika dilakukan secara manual.

e-Procurement telah menggeser proses-proses pengadaan barang dan jasa ke sistem berbasis digital. Perbandingan vendor, persetujuan, pemantauan, penagihan,pembayan hingga pengiriman telah terintegrasi secara online. Sistem berbasis elektronik ini menjamin kemudahan, tanpa hambatan, transparansi, terkontrol oleh banyak pihak, aman dan terpercaya. 

Apa kemudahan yang diberikan e-procurement? Kini, perusahaan dapat memilih, membandingkan dan bahkan mencari vendor secara langsung melalui katalog online. Tak perlu lagi mencari kontak vendor berhari-hari, mencatat dan menghitung anggaran sesuai harga vendor secara manual, dan mencari-cari lokasi pengiriman terdekat.

Tanpa hambatan bagi e-Procurement adalah mengubah sistem persetujuan, penagihan dan pembayaran menjadi online agar semua proses tetap berjalan sesuai rencana dan meminimalisir keterlambatan. Melalui platform e-Procurement, sistem persetujuan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja karena diakses via online. Jadi, tidak ada alasan persetujuan yang tertahan, penagihan yang terlambat, ataupun pembayaran yang terhambat.

Transparansi adalah prinsip dasar e-Procurement. Melalui akses yang lebih terbuka dapat menekan isu-isu seperti konflik kepentingan ataupun penyalahgunaan anggaran. Sistem e-Procurement juga memberikan akses untuk kontrol dari banyak pihak. Melalui campur tangan beberapa pihak, sistem pengadaan dapat terpantau, terawasi dan terkontrol dengan lebih baik.

Hal yang terpenting, e-procurement juga lebih aman & terpercaya. Melalui kemudahan sistem, proses yang tanpa hambatan dan transparan, serta dapat terkontrol oleh banyak pihak, pengadaan barang dan jasa dengan sistem elektronik menjadi solusi total terpercaya bagi masalah pengadaan barang dan jasa untuk para pebisnis dan juga instansi kepemerintahan.

Lalu, bagaimana Anda dapat mengubah sistem pengadaan manual Anda menjadi e-Procurement? Anda dapat mengakses Mbiz.co.id, situs yang dibangun khusus sebagai solusi total e-Procurement untuk melayani transaksi online B2B (business-to-business) dan B2G (business-to-government). Mbiz merupakan online marketplace B2B dan B2G terbesar di Indonesia yang memberikan solusi proses pengadaan barang yang efisien. Dengan 5 kelebihan utama Mbiz; Secure, Transparent, Efficient, Easy, Personalized & Seamless, seluruh masalah pengadaan barang & jasa Anda dapat terjawab secara total.

Ditulis oleh Mbiz Team

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s